Saturday, 22 December 2012

10 Tips Untuk Optimalkan MacBook

Mac OS X merupakan sebuah OS yang sangat optimal dalam performanya. Gabungan secara aestetik dan minimalis membuat para pengguna bisa memakainya berjam-jam. Walaupun sudah teroptimalkan, kadang-kadang Mac dapat bekerja menjadi lambat karena beberapa hal. Berikut ini akan diberikan tips-tips untuk mengoptimalkan performa OS X yang dipakai.

  1. Desktop Bersih
    Dengan meninggalkan folder-folder di desktop, maka secara langsung menambah beban komputer ketika ingin menampilkan tampilan layar. Secara tidak langsung proses ini memperlambat kinerja komputer. Buatlah sebuah folder bernama “Archive” dan simpanlah semua data dan folder ke folder Archive tersebut.
  2. Tidak Menyimpan Aplikasi Sampah
    Coba periksa aplikasi yang sudah terinstall di komputer Anda. Berapa dari aplikasi tersebut tidak pernah dipakai dalam 2 bulan terakhir. Uninstall aplikasi tersebut dengan App Cleaner untuk memastikan tidak ada data tersisa.
  3. Startup Item, Perlambat Startup
    Faktor utama dalam startup yang lambat adalah banyaknya startup di komputer. Periksa startup item dengan pergi ke System Preferences->Accounts->Login Items dan hapus dari tampilan aplikasi yang tidak diinginkan dijalankan ketika startup. Batasi di bawah 6 untuk performa yang optimal.

    Login Items
  4. Langsingkan Aplikasi
    Maksud dari kata di atas adalah setiap aplikasi OS X biasanya terdiri dari dua arsitektur kode untuk akomodasi OS versi lama. Jadi sebenarnya aplikasinya hanya membutuhkan salah satu kode. Untuk membuang kode yang tidak dibutuhkan tersebut, gunakanxSlimmer.
  5. Pilih Satu Bahasa
    Pada umumnya aplikasi OS X juga disertai beberapa bahasa. Bahasa tersebut merupakan opsi pada tampilan aplikasi atau saat proses instalasi. Apabila Anda tidak menggunakan bahasa Jerman atau Jepang. Gunakan Monolingual untuk membuang data bahasa lumayan besar tersebut.
  6. Widgets, Batasi Penggunaan
    Saya tidak mengaktifkan Dashboard karena setiap widgets yang dipasang akan mengambil resource memory komputer. Tetapi kadangkala widgets dapat mempermudah proses alur kerja. Maka saran saya adalah membatasi penggunaan widget atau matikan Dashboard apabila tidak membutuhkannya.
    Untuk mematikan dashboard, jalankan aplikasi Terminal (Cari dengan Spotlight) dan masukkan ini :

    defaults write com.apple.dashboard mcx-disabled -boolean YES && killall Dock
  7. Activity Monitor
    Anda tidak perlu aplikasi untuk monitor RAM, Memory dan lain-lain. Cukup dengan Activity Monitor, Anda dapat memonitor semua proses di atas. Ketahui proses mana yang secara default berjalan di komputer dan periksa proses mana yang membuang-buang resource memory Anda.
  8. Jalankan Hanya Yang Dibutuhkan
    Tidak semua fitur dan aplikasi di OS X perlu Anda jalankan setiap pemakaian. Matikan transalasi bahasa, matikan bluetooth, bahkan matikan koneksi internet apabila memang tidak digunakan. Hal demikian juga berlaku untuk aplikasi yang dijalankan. Yang sifatnya memperindah tetapi tidak dibutuhkan hanya memeperlambat kinerja komputer.
  9. Bersihkan Harddisk
    Coba perhatikan data yang sudah disimpan di Hardisk. Berapa dari data tersebut masih benar-benar dibutuhkan. Apabila tidak dibutuhkan sebaiknya dihapus atau mungkin disimpan di external harddisk. Sisakan ruang untuk komputer Anda sehingga proses index dari Spotlight juga tidak berat.
  10. Update dan Maintenance.
    Selalu pastikan aplikasi yang Anda pakai adalah versi terbaru dengan App Fresh. Setelah itu, gunakan Onyx untuk maintenance setiap 1-2 bulan terhadap komputer Anda.

No comments:

Zapplerepair

Kami Membuka Jasa Service Untuk semua produk Apple

iphone, iphone 4, iphone 3gs, iphone 3,
ipod touch,ipod touch 4, ipad, ipad2, ipad3,
macbook, macbook pro, macbook air, imac


Contact Us :
Jembatan 3 Raya, Jakarta Utara,Ruko 11J
dekat halte busway jembatan tiga)
8am - 8pm
Hotline: 087788855868
Telpon: 02170341307
http://indonesia.zapplerepair.com/
living in Indonesia